Makanan Sedap Ciri khas Azerbaijan

Makanan Sedap Ciri khas Azerbaijan

10 Makanan Sedap Ciri khas Azerbaijan yang perlu anda coba

Makanan Ciri khas Azerbaijan dikuasai oleh makanan yang dari Iran dan Turki. Bahkan juga salah satunya mempunyai beberapa keserupaan, lho.

Sajian Azerbaijan umumnya umumnya memiliki bahan landasan daging, khususnya daging kambing dan domba dengan resep yang di turunkan dari angkatan ke angkatan.

Baca Juga: Toko Rekomendasi Bakpia Jogja

Bila kamu satu waktu memijakkan kaki di Azerbaijan, kelihatannya kamu harus coba sembilan sajian di bawah ini.

Kemungkinan Anda kurang demikian akrab dengan negara Azerbaijan selaku salah satunya tujuan rekreasi halal di teritori Asia. Ya, negara yang bersebelahan dengan Turki ini adalah pecahan negara Uni Soviet saat sebelum buyar tahun 1991 kemarin.

Dikenali selaku negara yang tertutup, Azerbaijan kekinian lebih terbuka pada wisawatan asing sekarang ini. Jika Anda merencanakan berlibur ke negara yang mempunyai rekreasi gunung api terkenal di dunia, harus nikmati 10 Makanan Ciri khas Azerbaijan di bawah ini.

  • Dovga

Ada beberapa hidangan sup yang populer selaku kulineran ciri khas Azerbaijan favorite banyak pelancong asing. Kecuali piti dan kufta bozbash, Anda pun harus nikmati kulineran namanya Dovga. Dovga adalah semacam sup memiliki bahan landasan yoghurt yang sehatkan. Sup ini dihidangkan plus tambahan sorrel bayam, nasi, ercis kering dan bakso daging domba. Tidak perduli musim dingin atau musim panas, Anda masih dapat nikmati kulineran Dovga kapan pun. Ini karena Dovga dapat dihidangkan dingin atau panas sesuai cuaca.

  • Plov

Warga Azerbaijan benar-benar tidak dapat terlepas dari pangan khusus berbentuk nasi. Negara yang cuman mempunyai warga belasan juta saja ini mempunyai jejeran kulineran yang tidak terlepas dari dampak Iran, Turki dan teritori Mediterania. Ada minimal 40 resep plov atau pilaf Azerbaijan yang lain. Plov adalah kulineran ciri khas Azerbaijan yang memiliki sifat nasional atau dapat Anda dapatkan di semua daerah di negara ini.

Waktu Anda mencicip plov yang berada di Baku belum pasti mempunyai cita-rasa sama dengan wilayah lain. Tiap restaurant sediakan menu plov yang lain hingga Anda harus nikmati nasa rasa safron yang sudah diberi bumbu dan dihidangkan dengan bahan unik lain seperti kurma, daging goreng atau sayur.

  • Dolma

Dapat disebutkan jika kulineran ciri khas Azerbaijan tidak dapat dipisah dari Turki. Salah satunya makanan ciri khas yang harus dicicipi di kota Baku ialah Dolma. Cita-rasa dolma demikian spesial karena nasi sudah diberi bumbu rempah-rempah seperti mint, adas dan kayu manis. Anda dapat pilih menu dolma asam manis atau dolma ikan sesuai hasrat semasing ya!

Anda pun harus tahu jika dolma daun anggur dapat Anda dapatkan waktu musim semi dan dingin, sedang dolma dibuntel daun kubis pada musim luruh. Jika musim panas, dolma dihidangkan dalam buntel terong dan cabai. Kulineran ciri khas Azerbaijan yang anti mainstream ya!

  • Tika kabab

Ingin cari kulineran ciri khas Azerbaijan yang serupa dengan sate di Indonesia? Sebaiknya anda nikmati sajian dari daging domba yang sudah dipendam dengan kombinasi bumbu bawang bombai, cuka dan juice delima. Wewangian makanan namanya tika kabab yang dibakar di atas pemanggang akan membangkitkan hasrat Anda. Makanan ini adalah sajian daging terpopuler di Azerbaijan yang harus masuk ke daftar kulineran Anda.

  • Bastirma

Kebab tidak cuman sama dengan Turki saja karena Azerbaijan mempunyai kulineran kebab tetapi mempunyai cita-rasa lebih unik. Kebab dari Azerbaijan lebih berasa sedap karena harus dipendam dengan sauce dan rempah-rempah lebih dulu. Langkah mengolah seterusnya sama dengan membuat kebab dari Turki. Anda dapat memperoleh kulineran namanya bastirma ini di pojok jalan atau gang-gang yang berada di Azerbaijan. Kebab dari Azerbaijan mempunyai ukuran yang semakin besar dengan opsi harga capai 80 ribu rupiah lho! Ingin coba bastirma?

  • Piti

Kulineran ciri khas Azerbaijan benar-benar bermacam ingat negara yang ada di Pegunungan Kaukasus ini mempunyai 9 cuaca yang lain. Salah satunya kulineran nasional Negara Api ialah Piti. Piti adalah sup yang dibuat dari olahan bahan daging dan sayur super sedap. Potongan-potongan daging domba yang sudah diolah dengan sayur dalam kaldu.

Langkah mengolah piti memakai pot tanah liat yang berpenampilan tradisionil. Tidaklah aneh jika struktur rasa yang dijajakan demikian spesial. Anda harus mencicip makanan nasional Azerbaijan waktu bertandang ke ibu-kota Baku ya!

  • Ovdukh

Nikmati sup hangat kemungkinan telah terbiasa tetapi Anda harus mencicip sup dingin yang namanya Ovdukh waktu berlibur ke Azerbaijan. Ovdukh sendiri adalah sup dingin yang dibuat dari kombinasi air matsoni dan dituangkan di atas potongan ketimun, daging cincang rebus, potongan telur rebus dan sayur. Ada beberapa sayur yang dipakai seperti daun mint, daun ketumbar, daun basil, daun tarragon dan sebagainya.

  • Kufta Bozbash

Kulineran ciri khas Azerbaijan yang harus Anda cicipi setelah itu kufta bozbash. Buat pelancong asal Indonesia, kufta bozbash kemungkinan kulineran alternatif rasa kangen pada bakso. Namun bakso kufta bozbash memiliki ukuran semakin besar dan dibuat dari masakan daging domba cincang dan nasi. Ada juga yang menambah tambahan bahan plum kering dalam bakso itu. Nikmati satu porsi sup précis dengan bakso daging domba dan kentang rebus akan membuat perut Anda kenyang. Siap-siap mengeksplor Old Town di Baku tanpa ada rasa lapar ya!

  • Shekerbura

Sesudah Anda nikmati bermacam hidangan menu khusus di restaurant ciri khas Azerbaijan, harus pesan menu sajian penutup. Sajian penutup di negara yang dengan penduduk sebagian besar muslim ini ialah shekerbura yang mempunyai wujud serupa bulan sabit dengan isi kacang-kacangan seperti almond, kacang hazel dan kenari.

  • Serbat

Kemungkinan Anda harus tahu jika minuman nasional Azerbaijan ialah teh hitam. Anda bisa juga nikmati ayran yang dapat ditemui di tepi jalan sekalinya. Tapi Anda jangan melepaskan peluang nikmati minuman ciri khas negara asal Maulana Malik Ibrahaim namanya serbat.

Sarbet Azerbaijan adalah minuman dingin yang manis dan dibuat dari kombinasi juice buah yang sudah direbus dengan gula. Umumnya minuman nikmat ini beraroma harum karena tambahan air mawar yang memberi rasa sensasi berlainan. kelihatannya nikmat ya?

Pasti masih banyak kulineran ciri khas Azerbaijan yang harus Anda cicip waktu bertandang ke Baku. Azerbaijan mempunyai sajian pembuka yang pas untuk lidah Anda saat sebelum nikmati makanan khusus. Sajian pembuka ala-ala negara Asia tengah ini diantaranya goy, keju putih, yoghurt asam dan sebagainya. Ada juga hidangan roti yang dipanggang memakai oven tanah liat yang disebutkan tandoor. Dushbara yang disebut dumpling ciri khas yang dihidangkan dengan kaldu daging kambing harus juga Anda cicipi.

Nah, apa Anda siap mengeksplore tujuan rekreasi di Azerbaijan yang jadi Lajur Sutra masa lampau? Tidak cuman senang nikmati bermacam rekreasi alam, riwayat dan budaya saja, Anda pun harus nikmati kulineran ciri khas Azerbaijan yang memikat. Ditanggung Anda akan jatuh hati pada negara yang melahirkan pakar cerita Layla dan Majnun ini.